Amandel Pada Anak

Penyakit amandel memang dapat menyerang siapa saja. Namun fakta yang sering ditemukan adalah amandel sering terjadi pada anak, hal ini disebabkan terdapat sekitar 50 % pada anak memiliki kelenjar amandel yang dapat mengalami pembesaran dan beberapa diantaranya telah meradang.

Amandel yang terletak pada organ mulut bagian belakang ini sebenarnya memiliki fungsi yang cukup baik sebagai penyaring organisme berbahaya seperti virus dan bakteri yang masuk ke tubuh melalui mulut dan hidung. Amandel atau dalam ilmu kedokteran disebut juga tonsil jika mengalami peradangan, maka sistem imun dalam tubuh akan mengeluarkan anti bodi untuk melawan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada amandel.

Gambar: Amndel pada anak

Amandel yang mengalami peradangan yang terjadi pada anak biasanya hinggap pada anak yang berusia 5-10 tahun.

Gejala penyakit amandel yang dialami oleh anak-anak sama halnya yang dialami oleh orang dewasa yakni ciri dan gejala yang dialami apabila seorang anak mengalami peradangan amandel, seperti :

1. Umumnya pada anak, apabila mengalami peradangan amandel akan mengalami batuk yang disertai flu/pilek

2. Tenggorokan terasa sakit

3. Sukar menelan makanan

4. Mengalami sakit kepala

5. Terkadang disertai demam dan tubuh terasa kedinginan

6. Kehilangan suara atau suara bindeng/bergema seperti orang yang sedang flu

7. Radang amandel juga mengakibatkan pembesaran pada kelenjar getah bening di sekitar leher.

Penyebabnya pun juga hampir sama dengan yang amandel yang dialami pada orang dewasa, namun perbedaannya pada salah satu jenis bakteri, seperti bakteri streptokokud beta hemolitik A dan H influenzae. Jika peradangan amndel disebabkan oleh bakteri tersebut dapat diobati dan dicegah dengan pemberian obat antibiotik. Selain bakteri tersebut yang menyebabkan radang amandel, adapula jenis virus lainnya yang juga menjadi faktor penyebab peradangan amandel, yakni virus Epstein-Barr atau adenovirus dan coxsackie.


=====================================

>>> Obat Amandel Untuk Mengobati Amandel, Pengobatan Amandel Tanpa Operasi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Amandel Pada Anak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>