Amandel Pada Orang Dewasa

 Amandel yang merupakan salah satu jenis gangguan penyakit pada organ mulut dan sekitarnya bukan sebuah fenomena baru. Amandel mudah menyerang tak hanya pada anak-anak namun dapat menghinggapi orang dewasa. Amandel terletak pada kedua ujung belakang lipatan mulut. Amandel disebut juga dengan tonsil. Amandel yang gejala awalnya ditandai dengan terjadinya peradangan pada bagian kedua tonsil yang disebabkan oleh adanya kuman, bakteri atau virus yang berlebihan serta faktor lainnya yang memicu terjadinya peradangan pada amandel.

Amandel yang dalam bahasa medis disebut Tonsilitis, yang secara umum dapat mengakibatkan seseorang yang terserang amandel tidak dapat menelan dengan baik dan agak kesulitan bernapas. Amandel atau tonsilitis juga merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menjalar pada gangguan THT ( Telinga, Hidung dan Tenggorokan ) yang dapat bersifat kornis atau akut.

Jika amandel terus terjadi peradangan yang berlangsung 4-6 hari atau lebih harus segera mendapatkan penanganan khusus sebelum masuk pada amandel yang kronis. Radang amandel akut atau kronis biasanya dipicu oleh faktor penyebab adanya virus dan bakteri yang masuk ke dalam mulut seperti bakteri streptokokus beta hemolitikus grup A, haemophilus influenza, dan bakteri dari golongan pneumakokus dan stafilokokus.

Ciri dari radang amandel akut atau kronis terdapat bercak seperti noda yang berwarna abu-abu atau kekuningan pada permukaan kelenjar amandel. Bercak atau noda pada permukaan kelenjar amandel disebabkan oleh adanya penimbunan leukosit ( sel darah putih ), sel epitel yang sudah mati, dan kuman-kuman yang bersifat baik yang telah mati.

Gambar organ amandel atau Tonsil

Munculnya radang amandel dirasakan cukup sakit pada tenggorokan dari ringan hingga parah. Berikut adalah tanda-tanda radang amandel yang dapat dirasakan, diantaranya :

1. Kesulitan untuk menelan makanan dan terkadnag disertai rasa mual ingin muntah

2. Terjadi peradangan yang cukup memberatkan pada bagian belakang mulut dan tenggorokan

3. Bila dilihat dengan seksama amandel akan terlihat membengkak

4. Rasa panas, gatal pada tenggorokan

5. Sakit pada bagian otot dan sendi

6. Rasa nyeri pada seluruh tubuh

7. Tubuh merasa kedinginan

8. Terkadang disertai sakit kepala dan sakit telinga

9. Beberapa diantaranya ada yang mengalami kesulitan bernapas.


=====================================

>>> Obat Amandel Untuk Mengobati Amandel, Pengobatan Amandel Tanpa Operasi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Amandel Pada Orang Dewasa and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>